Cara mudah rekam acara di tv

Terkadang ada acara tv yang bagus namun tidak ada waktu untuk menontonnya. Cara paling mudah tentu saja dengan mencari rekaman tersebut di Youtube. Biasanya sudah ada user yang menguploadnya. Namun bagaimanakah caranya untuk merekam sendiri acara tv tersebut? Berikut ini sedikit tips cara rekam acara tv.



Acara tv yang direkam bisa berasal dari tv antena maupun tv parabola.

Rekam langsung melalui  televisi.
Ada beberapa televisi yang sudah dilengkapi dengan fitur perekaman, sehingga tinggal colok usb flashdisk maka bisa merekam acara tv. Salah satu cara mengetahui apakah tv bisa merekam dengan melihat menu record yang ada di remote.


Decorder Parabola
Beberapa decorder parabola juga sudah mempunyai fitur untuk merekam acara tv. Cara penggunaannya dengan menancapkan flashdisk ke port usb kemudian tekan tombol record di remote. Namun terkadang tidak semua channel bisa direkam. Bahkan ada decorder yang mempunyai fitur rekam tapi tidak bisa dipergunakan.

Capture Card
Untuk merekam acara tv di laptop maka bisa mempergunakan usb capture card. Bisa memakai rca maupun hdmi. Namun capture card hdmi harganya masih relatif mahal. Sedangkan capture card rca harganya sekitar 200rb saja. Cara penggunannnya dengan memasang kabel rca/hdmi dari decorder ke dalam usb capture card dan merekamnya lewat laptop. Jika tidak memakai decorder parabola maka bisa merekam menggunakan jalur tv out yang ada di tv. Namun tergantung jenis tvnya juga.

Usb Tv Tunner
Caranya hampir sama dengan mempergunakan usb capture card, namun tanpa memerlukan decorder atau tv karena antena tv bisa langsung dicolokkan ke tv tunner.

Rekam memakai DVR
Acara tv bisa juga direkam melalui alat dvr. Mirip seperti dvr cctv.

Namun sebaiknya acara tv tersebut tidak diupload ke Youtube dan sejenisnya karena bisa melanggar hak cipta. Jadi direkam hanya untuk ditonton sendiri saja.

Semoga Bermanfaat

Sumber: darmawan.my.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Hanya aplikasi yg diizinkan boleh mengakses Internet gunakan aplikasi loopkita versi lama

Salah satu cara menghemat kuota internet adalah membatasi jumlah aplikasi yg boleh mengakses internet di Android. Ada banyak aplikasi pe...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel