Trik rahasia merubah warna batu akik/batu mulia

Trik/rahasia merubah warna batu akik

Warna dari sebuah batu akik atau batu mulia sangat menentukan nilai keindahan dan kemewahannya serta dengan sendirinya harga jualnya menjadi tinggi. Meskipun kita mempunyai jenis batu akik terbaik dan batu akik paling langka sekalipun jika warnanya belum sempurna seperti seharusnya tentu saja itu akan mengurangi nilai keindahan dan harga jual yg rendah. Warna batu akik yg belum sempurna mungkin disebabkan karena usia batu masih muda saat ditemukan.
Akhirnya penggemar batuk akik mencari cara untuk merubah warna batu akik menjadi lebih pekat atau lebih kental agar sempurna seperti warna yg seharusnya. Sebenarnya cara merubah warna batu akik/batu mulia sudah ada sejak zaman dahulu menggunakan cara tradisional.
Berikut ini penjelasan singkat yg saya rangkum dari berbagai sumber tentang cara merubah warna batu akik/batu mulia berdasarkan jenis batunya:

1.Batu Safir
Bagi yg punya batu safir dan ingin warna batu safirnya lebih biru caranya batu safir tsb dipanaskan dalam tempat tertutup dalam suhu tertentu dan jangka waktu tertentu pula sehingga warna batu safir menjadi lebih biru menyala.
Cara sederhana juga bisa dilakukan dengan penambalan yakni meletakkan batu sintetis di bawah aslinya misal Batu safir star yang berwarna putih juga bisa ditambal dengan batu sintetis warna merah atau biru sehingga menjadi blue safir star atau ruby star.

2.Batu kalsedon
Cara merubah warna batu kalsedon sering dilakakukan secara tradisional oleh pengrajin batu mulia india dengan cara membakar dalam waktu dan suhu tertentu sehingga batu kalsedon yg semula warnanya putih kekuningan dan berubah menjadi coklat kemerahan di indonesia sering di sebut batu akik 'Yahman darah'.

3.Batu zamrud
Batu zamrud asli yang berwarna pucat
hijaunya bisa dirubah warnanya menjadi hijau tua dengan cara mudah yakni menggunakan metode penambalan dibawah batu asli dengan batu sintetis hijau tua hingga jadilah batu zamrud siberia.

Note:
Cara-cara merubah warna batu akik diatas hanya sebagai bahan referensi saja, penulis tidak pernah mempraktekkan ataupun membuktikan kebenarannya. Tulisan tsb ane rangkum dgn gaya bahasa ane dari berbagai sumber.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Hanya aplikasi yg diizinkan boleh mengakses Internet gunakan aplikasi loopkita versi lama

Salah satu cara menghemat kuota internet adalah membatasi jumlah aplikasi yg boleh mengakses internet di Android. Ada banyak aplikasi pe...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel